jump to navigation

Hidup Sehat Tanpa Rokok Maret 18, 2008

Posted by arifinmh in Uncategorized.
trackback

Tuhan 9 Centimeter

karya : H. Taufiq Ismail

Indonesia adalah sorga luar biasa ramah bagi perokok,
tapi tempat siksa tak tertahankan bagi orang yang tak merokok,

di sawah petani merokok,
di pabrik pekerja merokok,
di kantor pegawai merokok,
di kabinet menteri merokok,
di reses parlemen anggota DPR merokok,
di Mahkamah Agung yang bergaun toga merokok,
hansip-bintara-perwira nongkrong merokok,
di perkebunan pemetik buah kopi merokok,
di perahu nelayan penjaring ikan merokok,
di pabrik petasan pemilik modalnya merokok,
di pekuburan sebelum masuk kubur orang merokok,

itulah sekelumit sajak karya H. Taufik Ismail yang diposting Bpk Kwarta Adimphrana disela-sela aktivitasnya di Pustekom, selengkapnya lihat http://maskwarta.blogspot.com

Memang benar banyak disekitar kita apakah itu teman, saudara, guru, kyai, anggota dpr, tokoh masyarakat atau bahkan orang tua kita sendiripun tidak terlepas dari kehidupan rokok yang tanpa disadari telah merugikan dirinya sendiri dan orang lain. secara ekonomis jelas kalau merokok dapat menyebabkan kanker (kantong kering) alias mengurangi belanja dapur kita. sedang secara kesehatan jelas-jelas sudah dilarang baik oleh para dokter bahkan oleh pabrik pembuatnya sekalipun. itulah namanya keburukan terasa enak walaupun sesaat. pada hal didalam rokok tersebut ada beberapa zat kandungan yang membayakan bagi kehidupan kita terdiri dari bahan-bahan kimia yang sangat berbahaya bagi tubuh tubuh kita. Di antaranya kandungan asap rokok adalah bahan radio aktif (polonium-201) dan bahan-bahan yang digunakan di dalam cat (aceton) , pencuci lantai (amonia) , racun serangga (DDT) , racun anai-anai (arsrokok-beracun.jpgenik) , gas beracun (hydrogen cyanide) yang di gunakan di ā€œkamar gas mautā€ bagi napi yang menjalani hukuman mati dll.

Walau bagaimanapun, racun racun berbahaya yang terdapat pada rokok adalah Tar, Nikotin, dan Karbon Monoksida. Tar mengandung benzopyrene yaitu sejenis Policyclic Aromatik Hydrokarbon (PAH) yang bisa menyebabkan kangker. Nikoti adalah bahan sejenis heroin , amfetamin dan kokain yang dapat menyebabkan ketagihan terhadap rokok. Selain itu, nikotin merupakan penyebab utama serangan peyakit jantung dan strok. Sedangkan karbon monoksida dapat menyebabkan organ yang dilewatinya, bermula dari hidung , mulut, tenggorokan, saluran pernafasan, paru-paru, saluran darah, jantung, organ reproduksi, sehingga ke saluran kencing dan pundi kencing.
berbagai sumber:

diposting penulis disaat menunggu aktivitas perkuliah D3TKJ Dapodik dan mencari informasi laporan pelatihan jardiknas tingkat nasional di agenda harian konsultan jardiknas (kwarta adimphrana), semoga selalu menjadi inspirator pengembangan tenaga pendidik dan kependidikan di Indonesia.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: