jump to navigation

Telecenter Berbasis Sekolah Desember 22, 2007

Posted by arifinmh in Uncategorized.
trackback

Sebuah sinergi baru akan dikembangkan di kota dan kabupaten Malang untuk mencerdaskan masyarakat dalam bidang IT atau internetisasi masyarakat, hal ini akan menjadi suatu pilot project yang dilaksanakan dari tim pengembang sebagai case study bagi tim yang sudah dipercaya dari Bappenas (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional) bekerjasama dengan UNDP salah satu badan organisasi PBB untuk suatu project pencerdasan masyarakat dibidang teknologi informasi khususnya bagi masyarakat tertinggal. hal ini disebabkan karena masyarakat miskin tidak hanya disebabkan oleh kurang harta, pendidikan, dan kesempatan kerja semata sehingga menyebabkan mereka miskin, tetapi suatu hal yang tidak disadari oleh masyarakat tertinggal sehingga mereka menjadi kelompok masyarakat miskin adalah adanya ketertinggalan mereka akan informasi (miskin informasi) sehingga mereka akan selalu ketinggalan untuk mengembangkan potensi diri yang dimilikinya.

telecenter 1

Telecenter berbasis sekolah, diharapkan mampu untuk menjembatani masyarakat ini untuk mengenal lebih dekat tentang pemanfaatan media ICT atau IT dalam hal ini Internet atau Intranet yang dapat mengakses berbagai informasi atau memberikan informasi dalam segala bidang sektor kehidupan masyarakat saat ini.

Dalam forum telecenter ini dibuka secara resmi dan diarahkan oleh Bapak Bupati Kota Malang, Bapak Sujud Pribadi dan sebagai narasumber dalam kegiatan ini adalah:

1).  Bapak Catur => perwakilan dari tim PNPM Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat.   (2). Ibu Retno => perwakilan dari tim Bim-Mastel Prakitisi Masyarakat Telekomunikasi. (3). Bapak Bondan => perwakilan dari tim Jardiknas BPKLN Depdiknas Jakarta.

Sinergi baru ini adalah adanya pemberdayaan masyarakat yang akan dipelopori oleh tim Bappenas untuk bersinergi antara PNPM melalui P2KP dengan Depertemen Pendidikan Nasional yang telah membangun suatu jejaring pendidikan nasional yang harapnnya jaringan ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat secara luas dengan memanfaatkan sekolah-sekolah yang terhubung dengan Jardiknas disela-sela pembelajaran informal.

Bagi ICT Center, program ini seharusnya bukan lagi hal yang baru tapi bagi sekolah-sekolah yang akan bersinergi untuk dapat melayani masyarakat sekitarnya adalah suatu hal yang baru yang harus di analisis dari sisi positif dan negatifnya. khusus ICT Center merupakan suatu kewajiban yang tidak bisa terelakkan untuk dapat berperan serta untuk memacu masyarakat sekitar untuk melek IT.

Kota Malang yang akan mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan program ini tentunya sangat mengharapkan peranserta masyarakat secara umum untuk kesadaran diri akan dunia IT dimana Malang sebagai Kota Merdeka IT pada tahun 2007 ini akan meningkat statusnya dengan program di tahun 2008 yakni Malang akan menjadi kota “Smart City” yang artinya masing-masing personal diharapkan mampu untuk melek IT, mulai dari guru, siswa, dosen, stakeholder, orang tua siswa, pedagang, petani yang sudah disediakan fasilitasnya melalui telecenter daragati yang berpusat di tlolgowaru-kedungkandang Malang.

Forum ini dihadiri beberapa undangan sebagai peserta yang terdiri dari :

1. Dewan Pendidikan Kota Malang

2. Kepala Kantor Pengelola Data Elektronik

3. Ketua P2KP dan BKM

4. Kepala Dinas Kantor Pendidikan Kota Malang

5. ICT Center

6. Asosiasi Pengusaha Warnet

7. Stakeholder

img_0208.jpg

Dari forum ini diharapkan dapat menghasilkan sebuah format baku penyelenggaraan telecenter berbasis sekolah dan pada akhirnya tentu akan membawa suatu dampak pada pemberantasan kemiskinan baik diperkotaan maupun dipedesaan yang disebabkan oleh miskinnya informasi global. seperti yang kita ketahui bersama ” menguasai informasi berarti menguasai dunia”.

Semoga sukses.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: